Kondisi kulit seperti apa yang mungkin akan mengalami proses adaptasi?

1. Kulit yang tidak pernah perawatan atau lama meninggalkan aktivitas merawat kulit. Hal ini disebabkan sel mati dibiarkan menumpuk tanpa dibersihkan. Sehingga pada saat memulai perawatan, kulit menjalankan fungsinya kembali dalam menyerap berbagai nutrsisi untuk kulit.

2. Kulit yang terbiasa dengan produk medicated atau kelas kosmedik/obat. Biasanya dari klinik atau krim dokter yang menggunakan beragam macam kandungan obat untuk kosmetik seperti hidrokinon dan tretinoin. Dalam cara kerjanya yang alami berbeda dengan produk kosmedik yang bekerja lebih ekstrim sehingga fase regenerasi lebih cepat disebabkan efek obat, dibandingkan produk yang alami yang menyerap nutrisi secara lambat sehingga hasil yang diperoleh juga lambat dan cenderung alami.

3. Kulit yang terpapar zat bahaya seperti merkuri. Penggunaan krim yang mengandung merkuri mematikan protein kulit dan mengikisi permukaan kulit sehingga kulit kehilangan fungsi semulanya sebagai pelindung dari kerusakan akibat sinar matahari. Dan menghilangkan aktivitas regenerasi kulit karena proses pengikisan lapisan pigmen melanin hingga merusak lapisan kulit terdalam. Sehingga kulit tidak melakukan fungsi regenerasi yang seharusnya. Cara kerja merkuri inilah yang membutuhkan waktu bagi kulit untuk menyerap dan menjalankan fungsi regenerasi kulit menjadi seperti semula sehingga proses detox akan lebih memerlukan waktu.

4. Kulit yang memiliki sensitifitas terhadap kandungan tertentu. Proses adaptasi seperti ini biasanya berlangsung 2-3 minggu.

Ke empat kondisi diatas jika dibantu dengan masker alami seperti madu yang disarankan, biasanya berangsur-angsur kulit akan kembali membaik. Karena mekanisme kerja kulit adalah menyerap yang dibutuhkan dan mengeluarkan yang tidak dibutuhkan kulit dari beragam zat yang dioleskan ke kulit, maka perlu waktu untuk memastikan produk yang bereaksi dan proses adaptasi dengan penggunaan produk setidaknya satu minggu.
Gunakan tahapan penggunaan produk agar proses adaptasi setiap item produk dapat dipantau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *